AFLIKSOFT https://www.afliksoft.com/2019/06/apa-itu-opsi-pengembang.html

Apa Itu Opsi Pengembang (Developer Options) di Android

opsi pengembang

AFLIKSOFT.COM - Banyak dari kita yang mempunyai Smartphone Android hanya memanfaatkan fitur-fitur yang ada atau yang terlihat saja, padahal sistem Android memungkinkan kamu sebagai pemilik Smartphone untuk memodifikasi Smartphone Android kamu, termasuk Rooting yang sudah kemaren AFLIKSOFT bahas. Kali ini saya akan menjelaskan apa itu Opsi Pengembang, Bagamana cara mengaktifkannya dan Apa saja fitur dari Opsi Pengembang.



Apa itu Opsi Pengembang (Developer Opstions)

Developer options atau Opsi pengembang adalah salah satu fitur yang terdapat dalam pengaturan sistem Android. Kegunaanya sangat banyak, salah satunya jika Kamu ingin memiliki akses lebih banyak untuk menampilkan fitur-fitur tertentu dalam Android, Kamu bisa memulainya dengan melihat Opsi pengembang.

Melalui Opsi pengembang Kamu dapat bermain-main dengan perangkat handphone Kamu. Memodifikasinya, melakukan flashing atau rooting, dan lain sebagainya.

Mengaktifkan Opsi pengembang di android bukan hanya untuk mengaktifkan USB debugging, ada hal banyak yang masih tersembunyi didalamnya maka dari itu Opsi ini di sembunyikan secara default, mengaktifkan Opsi Pengembang AFLIKSOFT sarankan buat kamu yang sudah mengerti dan ahli di bidang Android. Sebelum kita masuk ke tutorial cara mengaktifkan Opsi Pngembang kamu cek terlebih dahulu apakah Opsi Pengembang sudah aktif atau belum di Setelan Android kamu. Caranya Masuk ke Setelan > Setelan Tambahan (Addition Setting) > Lihat apakah ada menu Opsi Pnegembang ?.

Mari kita ke tutorial cara mengaktifkan Opsi Pnegembang.


Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang (Developer Options

Sebelumnya cara ini saya memakai Smartphone Android Xiaomi, namun untuk smartphone lain bisa menyesuaikan.

  • Pertama pergi ke Setelan > Tentang Ponsel (About Phone).
  • Ketuk 5x / 7x
    • Versi MIUI (xiaomi)
    • Nomor Versi/Version Number (Samsung)
    • Versi Perangkat Lunak (Vivo)
    • Nomor Bentukan/Build Number (Oppo & Lainnya)
opsi pengembang

  • Setelah itu silahkan cek apakah sudah ada menu Opsi Pengembang.
  • Caranya Setelan > Setelan Tambahan > Opsi Pengembang.
opsi pengembang

Setelah berhasil mengaktifakn Menu Opsi Pengembang mari kita simak fitur atau menu fungsi dari Opsi Pengembang di bawah ini.


Fitur dan Fungsi Opsi Pengembang (Developer Options)

Supaya artikel ini tidak terlalu kepanjangan, saya buatkan versi button dialog untuk penjelasan fitur dari Opsi Pengembang.

Opsi Pengembang

Ambil laporan BUG / take bug report
Fungsi dari menu ini adalah untuk mengizinkan aplikasi yang terpilih untuk mengumpulkan informasi tentang status terkini perangkat anda lewat email atau berfungsi untuk mengumpulkan laporan berisi aplikasi yang Anda jalankan. Anda dapat mengirim semua yang terjadi pada aplikasi Anda kepada orang yang Anda inginkan.

Sandi cadangan desktop / desktop backup password
Anda dapat menggunakan ADB untuk membuat cadangan dan memulihkan hal-hal seperti aplikasi dan data yang terkait ke dan dari komputer Anda. Opsi ini memaksa kata sandi pada backup tersebut, dan tidak dapat dipulihkan tanpa password itu.

Tetap terjaga / Stay awake
Pilihan yang dapat Anda gunakan jika Anda menginginkan perangkat Anda tetap menyala saat perangkat Anda terhubung, baik terhubung dengan komputer mau pun saat terhubung dengan pengisian daya (charging).

Aktifkan log pengintaian HCI Bluetooth / Enable Bluetooth HCI snoop log
adalah pilihan yang dapat Anda gunakan untuk mengaktifkan log Bluetooth Host Control Intervice. Ini akan sangat berguna bagi Anda yang ingin mengetahui aktifitas dan hubungan bluetooth perangkat Anda. Terkadang, pengembang atau spesialis keamanan perlu menangkap dan menganalisis paket Bluetooth HCI (Host Controller Interface). Mengaktifkan ini akan menempatkannya di file pada penyimpanan perangkat (/sdcard/btsnoop_hci.log) untuk pengambilan log. Anda kemudian bisa menganalisisnya dengan program seperti Wireshark.

OEM unlock
OEM unlock singkatan dari original equipment manufacturer unlocking asli dan pilihan yang ada untuk membatasi kemampuan Anda untuk flash gambar kustom dan bypass bootloader. Jika perangkat Anda dicuri atau hilang dan seseorang mencoba untuk flash file kustom atau mendapatkan data dari perangkat Anda, jika OEM unlock tidak diaktifkan maka mereka tidak akan dapat melakukannya.
Jika OEM unlock diaktifkan dan Anda memiliki pin, password atau patter lock pada telepon Anda, pengguna tidak akan dapat mengaktifkan un-unlock unlock OEM. Satu-satunya hal yang bisa dilakukan adalah menyeka data pabrik. Ini memastikan tidak ada yang bisa mengakses data Anda tanpa izin.

Running services / Layanan Sedang Berjalan
Menu ini untuk melihat layanan yang berjalan di perangkat anda .dan anda dapat menghentikan secara paksa aplikasi-aplikasi yang berjalan didalamnya.

Penerapan WebView
Memungkinkan aplikasi Android dapat menampilkan halaman website tanpa harus membuka web browser.

WebView Multiproses
WebView akan menjalankan materi web dalam proses kotak pasir terpisah bila opsi developer "Multiprocess WebView" diaktifkan.

Pemutakhiran Sistem otomatis
Dengan menyetel kebijakan pemutakhiran sistem dengan setSystemUpdatePolicy, Pemilik Perangkat kini bisa menyetujui pemutakhiran sistem secara otomatis. Bila pemutakhiran sistem tersedia, sistem akan memeriksa apakah aplikasi pengontrol kebijakan perangkat telah menyetel kebijakan pemutakhiran sistem, dan bertindak sebagaimana mestinya.

Mode Demo
adalah pilihan untuk Mempermudah pengambilan screenshot yang bersih dengan menampilkan bilah notifikasi preset dan umum dengan tidak menampilkan notifikasi atau peringatan baterai lemah. Enable Demo Mode memungkinkan Anda mengubah tampilan status bar menggunakan perintah mode demo adb. Atau Anda bisa menggunakan Show Demo Mode untuk menyembunyikan notifikasi dan menampilkan status bar preset.

Debugging

USB debugging
Inilah yang memungkinkan ponsel Anda berkomunikasi melalui port USB di komputer Anda melalui Android Debug Bridge (ADB). Anda perlu mengaktifkan menu ini untuk menggunakan hal-hal seperti DDMS, atau menggunakan perintah ADB.

Cabut otorisasi debugging USB
Bila Anda menggunakan komputer untuk melakukan debug pada USB untuk pertama kalinya, Anda harus memberi otorisasi dan menyiapkan keypair. pengaturan ini mencabut semua itu.

Pintasan Laporan Bug
Menempatkan pilihan pada menu yang Anda lihat saat Anda menekan terus tombol daya untuk mengumpulkan dan mengirim laporan bug (seperti yang terlihat di atas). Sangat berguna jika Anda sedang menguji sesuatu.

Pilih Aplikasi lokasi Palsu / Mock location app
Pengaturan ini akan membiarkan Anda menulis informasi lokasi secara manual, sehingga telepon Anda menganggapnya di tempat yang sebenarnya tidak benar. Selain menipu di foursquare, ini berguna jika sebuah aplikasi menggunakan informasi lokasi.

Aktifkan inspeksi atribut tampilan / view attribute inspection
Periksa atribut tampilan di Pengelola Sistem Android.

Pilih aplikasi debug / Select app to be debugged
Menu yang brilian bagi pengembang Aplikasi untuk melakukan debug aplikasinya secara individual dan tanpa menggunakan perintah ADB yang panjang atau debugger. Jika Anda orang awam di Android, Anda tidak akan kesulitan.

Tunggu debugger / Wait for debugger
Pilih opsi ini untuk melampirkan aplikasi debugged di atas seketika saat debugger terdeteksi.

Verifikasi aplikasi melalui USB / Verify apps via USB
Memasang konten secara manual atau melalui USB dapat menginfeksi perangkat Anda dengan konten berbahaya, yang berpotensi membahayakan perangkat Anda. Google akan memindai hal yang sama.

Jaringan

Sertifikasi Layar Nirkabel / Wireless display certification
ini menunjukkan pilihan untuk sertifikasi display nirkabel

Aktifkan Pencatatan Log Panjang Wi-Fi / Enable Wi-Fi Verbose Logging
perintah ini meningkatkan tingkat logging Wi-Fi, menunjukkan per SSID RSSI di Wi-Fi Picker

Pengalihan Wi-Fi Agresif ke Seluler / Aggressive Wi-Fi to Mobile handover
jika Anda mengaktifkan fungsi ini, Wi-Fi akan lebih efisien dalam menyerahkan sambungan data ke jaringan seluler, saat sinyal Wi-Fi rendah

Selalu izinkan Pemindaian Roaming Wi-Fi / Always Allow Wi-Fi Roam Scans
adalah opsi yang digunakan untuk menizinkan/melarang Pemindaian Roaming Wi-Fi berdasarkan Jumlah lalu lintas data yang ada di antarmuka.

Data seluler selalu aktif / Mobile data always active
selalu menjaga agar data seluler tetap aktif, bahkan saat Wi-Fi diaktifkan (agar perpindahan jaringan beralih dengan cepat).

Pilih Konfigurasi USB / Select USB Configuration
Memungkinkan untuk memilih jenis konfigurasi USB untuk perangkat yang terhubung ke PC - charging only, MTP, PTP, RNDIS, Audio Source atau MIDI.

Nonaktifkan Volume absolut / Disable Absolute Volume
adalah pilihan untuk menonaktifkan fitur volume absolut Bluetooth jika ada masalah volume dengan perangkat Jarak jauh, misalnya volume terlalu keras atau kurangnya kontrol.

Gunakan klien DHCP lawas / Use legacy DHCP client
fungsi ini memungkinkan untuk menggunakan klien DHCP dari Lollipop, bukan klien DHCP Android yang baru.

Masukan

Tampilkan sentuhan/show Taps
Opsi ini pertama kali diperkenalkan di Android Ice Cream Sandwich 4.0. Ini menampilkan tanda visual di setiap lokasi di mana Anda menyentuh layar.

Lokasi penunjuk / Pointer location
Ini menempatkan bilah informasi terperinci di bagian atas layar yang memberitahukan koordinat sebenarnya dari titik saat ini. Pilihan ini datang untuk digunakan pada saat Anda perlu memeriksa apakah layar Anda merespons dengan baik atau jika rusak.

Gambar/Drawing

Lihat pembaruan permukaan / show surface updates
Flashes layar setiap kali ada update di salah satu elemen permukaan. Menu ini sangat Mengganggu karena bekerja pada layar.

Tampilkan batas tata letak / Show layout bounds
Menguraikan setiap elemen layar untuk menampilkan setiap inci area aktivasi/menampilkan batas klip, margin dan lain-lain.

Paksa Arah tata letak RTL / Force RTL layout Direction
RTL atau Right-to-Left, memungkinkan opsi ini akan mengubah setiap elemen layar perangkat Anda dari kanan ke kiri, seperti gambar pada cermin.

Skala Animasi Jendela / Window Animation Scale
Ubah kecepatan animasi jendela di Android Anda sesuai dengan pilihan Anda. Semakin rendah jumlahnya, paling sedikit waktu yang dialokasikan untuk animasi, maka animasi akan semakin cepat.

Skala animasi transisi / transition animation scale
Kecepatan saat transisi sistem Anda bekerja. Turunkan nomor untuk mendapatkan respon yang lebih cepat.

Skala Durasi Animator
adalah pilihan yang digunakan untuk mengatur durasi animasi ketika membuka sebuah pilihan.
Secara default, efek animasi android sudah diaktifkan ketika kamu membeli sebuah smartphone android. Efek animasi adalah efek-efek gerakan yang keluar baik ketika kamu menekan suatu tombol virtual di smartphone, menutup ataupun membuka aplikasi.

Bagi sebagian orang, efek animasi ini sangat memanjakan mata. Karena tampilan smartphone android jadi lebih asik dengan adanya efek-efek tersebut. Namun bagi sebagian orang lagi, terutama dengan spesifikasi smartphone yang tidak begitu tinggi, efek animasi bisa membuat smartphone menjadi lag.

Simulasikan tampilan sekunder / animator duration scale
Aktifkan tampilan sekunder tepat di samping layar utama Anda. Anda punya pilihan untuk berbagai macam ukuran layar termasuk mdpi, tvdpi dan xhdpi.

Lebar Terkecil / Smallest Width
adalah pilihan yang digunakan untuk mengatur lebar simulasi tampilan.

Render yang dipercepat Perangkat Keras – Hardware accelerated rendering

Opsi rendering yang dipercepat hardware memberikan cara untuk mengoptimalkan aplikasi Anda bagi platform hardware targetnya dengan memanfaatkan opsi berbasis hardware seperti GPU, layer hardware, dan multisample anti-aliasing (MSAA).

Paksa Perenderan GPU / Force GPU rendering
Tampilan 2D (aplikasi, layanan atau permainan) mendukung perangkat lunak perpustakaan untuk bekerja. Mengaktifkan opsi ini akan memaksa elemen 2D diberikan dengan menggunakan GPU.

Tampilkan pembaruan tampilan GPU / show GPU view updates
Saat beroperasi di GPU, ini akan memotret layar Merah.

Taunjukkan pembaruan lapisan Hardware / show hardware layers updates
Lapisan perangkat keras berarti lapisan yang diberikan pada layar perangkat Anda menggunakan akselerasi perangkat keras (GPU). Saat lapisan ini diperbarui, layar akan berkedip Hijau.

Debug GPU overdraw
Overdraw berarti menggambar sesuatu pada elemen yang sudah ditarik. Di Android, saat kami mengaktifkan respons sentuhan, penarikan berlebihan terjadi. Menghidupkan ON ini akan menyoroti dan menampilkan setiap overdraw yang terjadi.

Debug Operasi Klip non-kotak / Debug non-rectangular clip operations
Menonaktifkan area kliping di kanvas untuk membuat area kanvas yang tidak biasa (non-persegi). Biasanya, area kliping mencegah drawing apa pun di luar batas area kliping melingkar.

Force 4x MSAA / trun on 4x MSAA
Multi-sample Anti-aliasing adalah jenis Anti-aliasing yang bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas gambar, memberikan sedikit waktu sulit untuk performa (Ini tergantung pada konfigurasi perangkat keras smartphone Anda)

Nonaktifkan Lapisan HW /Disable HW overlays
Kapan pun sistem Android merender grafik (2D atau 3D), pertama kali memutuskan untuk mendistribusikan layanan ke CPU atau GPU. Memeriksa opsi ini akan memaksa semua rendering ke CPU saja. Mengaktifkan ON ini mungkin memberi Anda masa pakai baterai yang lebih baik, namun perangkat Anda tidak sesuai dengan potensinya. Menggunakan hamparan hardware memungkinkan setiap aplikasi yang menampilkan sesuatu pada layar untuk menggunakan daya pemrosesan yang lebih hemat. Tanpa hamparan, aplikasi akan berbagi memori video dan harus selalu memeriksa bentrokan dan kliping untuk merender gambar yang tepat. Pemeriksaan ini menggunakan banyak daya pemrosesan.

Simulasi Ruang Warna / Simulate color space
untuk mengubah skema warna seluruh UI perangkat. Opsinya mengacu pada jenis kebutaan warna. Pilihannya adalah Disabled (tidak ada skema warna yang disimulasikan), Monochromacy (hitam, putih, dan abu-abu), Deuteranomaly (merah-hijau), Protanomaly (merah-hijau), dan Tritanomaly (biru-kuning). Protanomaly mengacu pada kebutaan warna merah-hijau dengan kelemahan pada warna merah, dan Deuteranomaly (terlihat pada gambar 8) mengacu pada kebutaan warna merah-hijau dengan kelemahan warna hijau.
Bila Anda mengambil screenshot di ruang warna yang disimulasikan, warnanya tampak normal seolah Anda tidak mengubah skema warnanya.

Media

Perutean audio USB Nonaktif / Disable USB audio routing
untuk menonaktifkan perutean otomatis ke perangkat audio eksternal yang terhubung ke komputer melalui port USB. Perutean otomatis bisa mengganggu aplikasi yang sadar-USB.

Pemantauan

Modus ketat diaktifkan / strict mode Enabled
Ada kalanya operasi memakan waktu lebih lama dari biasanya, mungkin berjalan di latar belakang atau di layar utama. Mengaktifkan ini akan memotret layar bila ada proses seperti itu yang terjadi, membawanya ke pemberitahuan pengguna.

Tampilkan penggunaan CPU / show CPU usage
Menampilkan jendela di kanan atas layar yang menampilkan semua penggunaan dan proses CPU saat ini. Jika Anda pengembang dan tidak suka menggunakan aplikasi pihak ke-3, ini adalah penangguhan Anda.

Profil GPU rendering / GPU rendering profile
Mengatur ON ini akan memberitahu Anda seberapa keras GPU beroperasi. Entah dengan menampilkan grafik atau dengan menuliskannya ke file log.

Aplikasi

Aktifkan jejak OpenGL / turn on OpenGL traces
Ini akan melacak kesalahan OpenGL dan mendorongnya ke file log. Dimaksudkan untuk bisa digunakan oleh pengembang profesional.

Jangan simpan kegiatan / Don't keep activities
Aktivitas tetap berjalan di latar belakang dan situasi mungkin timbul saat Anda perlu mengubahnya masing-masing. Mengaktifkan ini akan meningkatkan masa pakai baterai dengan menutup setiap aktivitas segera setelah pengguna meninggalkan tampilan utama aktivitas.

Batas proses latar belakang / limit background processes
Entah mencegah semua proses berjalan di latar belakang atau membatasi proses ke nomor tertentu.

Tampilkan semua ANRs / show all ANRs
Android Not Responding atau ANR adalah dialog yang ditunjukkan kepada pengguna saat sebuah proses atau layanan berakhir tanpa diduga karena beberapa kesalahan. Sebagian besar dialog ANR ini ditampilkan untuk layanan atau aplikasi yang diketahui, dan disembunyikan untuk banyak hal lainnya. Mengaktifkan pengaturan ini akan menampilkan dialog untuk setiap proses yang beroperasi.

Inactive apps
mungkin menu ini berfungsi untuk menghentikan aktifitas aplikasi yang kita inginkan.

Jika Kamu sudah memahami fungsi dari setiap menu yang terdapat di menu developer android tentunya kamu akan lebih maju dari mereka yang belum mengetahuinya dan kamu pasti bisa memilih menu mana yang akan kamu aktifkan. tetaplah dengan sedikit berhati-hati. Kamu bisa saja meningkatkan kemampuan Android Kamu, tetapi bisa juga merusaknya. Anggaplah sebagai bagian dari pengalaman bersama Android Kamu. Silakan Kamu mencobanya dan tanggung resiko nya juga sendiri.

Demikian Penjelasan Tentang Opsi Pengembang (Developer Options) di android. semoga bermanfaat.

Bagikan pos ini:

Aflik
Ditulis Oleh: Aflik
Menurut kamu gimana:
3 Komentar

Silakan baca Kebijakan Komentar sebelum komentar. ??

  1. Say sering memakai satu fitur di developer opstion yaitu usb debugging. Saya mengaktifkannya pas waktu mau flashing smartphone saya.

    BalasHapus
  2. wah keren nih gaan infonya

    BalasHapus
  3. Wah terimakasih gan Infonya

    BalasHapus

Berlangganan Artikel Saya

Pemberitahuan